Home Top Ad

Responsive Ads Here

FUNGSI & JENIS ALAT PELINDUNGAN DIRI

Share:
Image result for FUNGSI & JENIS ALAT PERLINDUNGAN DIRI

Syarat – syarat Alat Pelindung Diri 

sepatu safety murah - Alat – alat pelindung diri yang sudah diambil sebaiknya penuhi ketentuan- ketetapan seperti berikut :
  1. Dapat memberi perlindungan pada bahaya 
  2. Berbobot ringan 
  3. Dapat digunakan dengan fleksibel (tidak membedakan typekelamin) 
  4. Tidak menyebabkan bahaya tambahan 
  5. Tidak mudah rusak 
  6. Penuhi ketetapan dari standar yang ada 
  7. Pemeliharaan muda 
  8. Pergantian suku cadang mudah 
  9. Tidak membatasi gerak 
  10. Rasa” tidak nyaman” tidak berlebihan 
  11. Memiliki bentuk cukup menarik 
Diluar itu alat pelindung diri harus juga penuhi prasyarat :
  1. Enak dipakai 
  2. Tidak mengganggu kerja 
  3. Memberi perlindungan efisien pada bahaya 
Peranan dan Type Alat Pelindung Diri 

Alat pelindung kepala (Head Protection) 
Peranan alat pelindung kepala yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan kepala dari bentrokan, terantuk, kejatuhan atau terpukul benda tajam atau benda keras yang melayang-layang atau meluncur di udara, terkena oleh radiasi panas, api,, percikan bahan – bahan kimia, jasad renik (mikro organisme) dan suhu yang ekstrim. Type alat pelindung kepala terbagi dalam helm pengaman (safety helm), topi atau tudung kepala penutup atau pengamanrambut, dan sebagainya.

Alat – alat pelindung mata (Eyes Protection) dan muka 
Peranan alat pelindung mata dan muka yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan mata dan muka dari paparan bahan kimia beresiko, paparan partikel-partikel yang melayang-layang di udara dan di tubuh air. Percikan benda-benda kecil panas, atau uap panas, radiasi gelombang elektromagnetik yang mengion ataupun yg tidak mengion, pancaran cahaya, bentrokan atau pukulan benda keras atau benda tajam.

Type alat pelindung mata dan muka terbagi dalam kacamata pengaman (spectacles) goggles, tameng muka (face shield). Masker selam, tameng muka dan kacamata pengaman dalam kesatuan (full face masker).

Alat pelindung telinga (Hearing Protection) 
Peranan alat pelindung telinga yaitu alat pelindung yang berperan membuat perlindungan alat pendengaran pada kebisingan atau desakan. Type alat pelindung telinga terbagi dalam sumbat telinga (ear plug), penutup telina (ear muff) dan ear helmet.

Alat Pelindung Pernapasan bersama Peralatannya. 
Peranan alat pelindung pernapasan bersama peralatannya yaitu alat pelindung yang berperan untukm membuat perlindungan organ pernapasan lewat cara menyalurkan udara bersih dan sehat dan/atau menyaring cemaran bahan kimia. Mikro – organisme, partikel yang berbentuk debu kabut (aerosol), uap, asap, gas/fume, dsb.

Type alat pelindung pernapasan dan peralatannya terbagi dalam masker, respirator, katrit, canister, Re-breather, Airline respirator, Continues Air suplai Machine = Air Hose Mask Respirator, tangki selam dan regulator (self-Contained Underwater Breathing Apparatus/SCUBA), Self- Contained Breathing Apparatu (SCBA), dan Emergency Breathing apparatus.

Alat pelindung tangan (Hand Protection) 
Peranan alat pelindung tangan (sarung tangan) adlah alatpelindung yang berperan membuat perlindungan tangan dan jari – jari tangan dari pajanan api. Suhu panas, suhu dingin, radiasi elektromagnetik zat pathogen (virus, bakteri) dan jasad renik.

Type penlindung tangan terbagi dalam sarung tangan yang terbuat dari logam, kulit, kain kanvas, kain atau kain berlapis, karet, dan sarung tangan yang tahan bahan kimia.

Baju pelindung (Body Protection) 
Peranan baju pelindung berperan membuat perlindungan tubuh beberapa atau semua bagian tubuh dari bahaya temperatur panas atau dingin yang ekstrim, pajanan api dan benda-benda panas. Percikan beberapa bahan kimia, cairan dan logam panas, uap panas. Bentrokan (impact) dengan mesin, perlengkapan dan bahan. Tergesek radiasi, binatang. Mikro-organismepatogen darimanusia, binatang. Tumbuhan dan lingkungan seperti virus, bakteri dan jamur.

Type baju pelindung terbagi dalam rompu (vests), clemek (Apron/Coveralls), jacket dan baju pelindung yang menutupi beberapa atau semua bagian tubuh.

Alat Pengaman di Ketinggian (Harness) 
Peranan alat pelindung jatuh perseorangan berperan membatasi gerak pekerja agar tidak masuk ketempat yang memiliki potensi jatuh atau melindungi pekerja berada pada tempat kerja yang dikehendaki dalam kondisi miring ataupun bergantung dan menahan dan membatasi pekerja jatuh hingga tidak mengenai lantai dsar.

Type alat pelindung jatuh perseorangan terbagi dalam sabuk pengaman badan (harness) karabiner, tali koneksi (lanyard), tali pengaman (safety rope), alat penjepit tali (rope clamp), alat penurun (decender), alat penahan jatuh bergerak (mobile fall arrester) dan sebagainya.

Alat pelindung kaki (Footwear Protection) 
Peranan alat pelindung kaki berperan membuat perlindungan kaki dari tertimpa atau berbenturan dengan benda-benda berat, tertusuk benda tajam, terserang cairan panas atau dingin, uap panas, terpajam suhu yang ekstrim, terserang bahan kimia beresiko dan jasad renik, tergelincir.

Type pelindung kaki berbentuk sepatu safety pada pekerjaan peleburan, pengecoran, logam, industry, kontruksi bangunan, pekerjaan yang punya potensi bahaya peledakan, bahaya listrik. Tempat kerja yang basah atau licin, bahan kimia dan jasad renik. Dan/atau bahaya binatang dan sebagainya.

Pelampung 
Peranan pelampung berperan membuat perlindungan pemakai yang bekerja diatas air atau dipermukaan air agar terlepas dari bahaya terbenam dan atau mengatur keterapungan (buoyancy) pemakai agar dapat berada pada tempat terbenam (negative buoyant) atau melayang-layang (neutral buoyant) didalam ar.

Type pelampung terbagi dalam jacket keselamatan (life jacket), rompi keselamatan (life vest) rompi pengatur keterapungan (buoyancy control piranti).

Tidak ada komentar